Send As SMS

say it with crystal

this is about me, my days, my thoughts and my bead jewelry work. Some postings are in indonesian, and some are in english.

Dienstag, November 29, 2005

forum @ dunia-ibu.org

Setelah beberapa bulan lalu gue mem-pensiunkan diri sebagai moderator milist DI, dan selama beberapa saat menenggelamkan diri dari aktifitas per mailing-list-an dengan alasan sibuk euy di rumah...hehehe, tapi ternyata sesibuk2nya gue di rumah, pagi2, jam 9 setelah anter rombongan ke post masing2, gue khan sempat juga online, sambil sarapan, ngopi dll. SO, itu juga alasan gue waktu my dear friend Dini, owner mailing list DI dan website Dunia Ibu nawarin untuk join team moderator forum Dunia Ibu. Dengan harapan bisa kembali aktif di dunia maya, menambah kancah pertemanan plus memperluas wawasan dan informasi. Jadi deh gue ikutan..:-)

Forumnya sendiri terbagi berbagai macam topik: Antara lain anak, dapur, kecantikan, rumah tangga, rumah, kesehatan, bisnis dll termasuk hobby, kesenian dan juga buku serta film. Atau kalau mau sekedar gossip juga ada tuh tempatnya. So, siapa aja yang tertarik bisa join lho...Kita bisa share pengalaman dan nambah luas wawasan.

Selain itu, DI juga baru merilis Blog, yang isinya kegiatan2 Dunia Ibu online dan ofline.

Freitag, November 25, 2005

Jetzt ist richtig winter!!

Sekarang nich..baru beneran winter. :-)
Bangun tidur, bukan jendela..wowww....salju tebal di rumput dan di pohon2an. Atap rumah putih...dan di jalanan tebal sekitar 10 cm. Ternyata semalaman salju turun. Gak berasa sich...orang kita gak ada atap..:-)


Keluar rumah mau antar anak2 sekolah, wah, ternyata masih turun saljunya. Cuantik beneran, sayang gak bawa kamera...Kebanyakan rumah masih tutupan jendelanya, kecuali mereka2 yang punya anak sekolah, biasanya udah terbuka tuh jendela, minimal ada cahaya lampu dari dalam. Yang lain, masih rapat ketutup. Iyalah..siapa yang mau bangun pagi kalau gak terpaksa. Ini aja setiap kali bangun pagi rasanya beraatttt...banget.


Diluar gak terlalu dingin. Kabarnya, teorinya bilang, kalau salju turun, artinya malah gak terlalu dingin. Dan memang benar sich, kalau salju turun, justru bisa jadi gak minus. Oh iya...kemarin tuh ternyata memang udah minus...minus 5 bow!! pantesan gue kayak orang gila kedinginan.

Sampai parkiran, liat Ramp untuk naik ke atas..wah, penuh salju. Tapi udah ada jejak mobil orang lain yang keluar. To tell you the truth, this is my first drive in snow, in Germany. Laki gue udah wanti2 bilang, hati2 di jalan, jalanan licin and mobil kita gak pakai winterreifen (ban mobil untuk winter). DIsini mobil harus punya 2 jenis ban, ban summer dan ban winter. Ban winter biasanya lebih tebal dan didesain untuk udara dan jalanan dingin termasuk es, supaya gak beku. Sementara ban summer biasanya lebih tipis dan fancier. Katanya sich, asal jalan di kota, harusnya ban summer masih gak terlalu masalah, karena di kota2 biasanya ada yang namanya winterdienst (winter service: tugasnya ngebersihin salju di jalanan2), yang gak boleh kalau ke autobahn (tol) dan ke kampung2. Tapi still, when something happened asuransi gak bakalan cover. Gitu deh..

So, balik soal gue nyupir. Memang beneran beda lho...agak2 seram gitu nyupir di salju. Pas keluar dari ramp..nginjek rem...langsung si ABS kerja, dan baru 2m di depan berhenti. Karena asli salju, dan langsung gruduk-gruduk-gruduk...heheheh..jiper juga gue. Langsung si Kevin ngeluarin teori nyupirnya dia..gue pikir dia merhattin laki gue kalau nyupir atau di ajarin, tapi ternyata kata laki gue nggak, itu hasil dia sering main Play station. He? boleh juga..:-)
Inget2 pesen laki gue, pelan2, sering2 test rem. Gue jalan pelan, ternyata orang di belakang gue lebih pelan lagi..hehehe..jadi gak papa deh. Yang ngerinya pas belok, agak2 slip gitu..plus kalau dengar si ABS..gruduk-gruduk-gruduk..bikin PD ilang!

DI jalanan sekitar rumah itu gak ada winterdienst, jadi penuh salju. Gue lagi mikir, waduh, parkir pinggir jalan gak keliatan tuh trotoarnya. Bener khan, pas parkir di depan sekolah Dante..nempel sama trotoar..hehehe..inget di jakarta kalau banjir, gak keliatan selokan, yang ada nyemplung got...:-).
Pakai acara salah pakai sepatu lagi..gue pakai sepatu biasa untuk nyupir karena gue gak yakin sepatu winter gue nyaman untuk nyupir, yang ada jari2 kaki gue beku semua...asli. Basah dan dingin. :-(
Ah ya sudahlah...banyak kerjaan nich..bye
*foto di upload belakangan*

Donnerstag, November 24, 2005

Cerita persiapan natal : God! It's cold!!!

God It's cold. Beneran..asli sampai sakit kepala nich karena dingin. Gak tau deh tahun ini bayar heater berapa...dingin asli bowww!! Ini duduk dikamar, heater nyala, semua jendela tutup, tetap aja berasa nusuk ke tulang dan ke tengkorask kepala. padahal di luar masih plus...walaupun udah dibawah 5 derajat. Gila..pasti nggak ngebayang khan lo..dinginnya 4 derajat gimana...apalagi dibandingin ama Indonesia...hehehe.

Dingin disini juga ada bedanya, kadang dingin 4 derajat bisa lebih terasa dingin daripada 2 derajat....gue sih perhatiin di mobil aja, kalau ada tanda kristal saljunya, sekalipun dibilang 6 derajat, itu artinya udah 'freez' deh...beku. Jadi inget thn 2002 waktu hamil Dante, waktu itu winternya sampai minus 15 derajat. Gilaaa!!! Dulu apartemen gue di lantai atas, segitu aja udah dingin, gimana sekarang kalau sampai minus, kayak apa ya dinginnya...:-(

Menjawab pertanyaan Yuni...
Orang Bavaria (atau org german umumnya, gak tau persis) mengadakan persiapan natal mulai dari tangal 25 November. Disebut Advent. Mulai tgl tersebut segala kegiatan yang berbau2 natal dimulai, sebulan sebelum natalannya. Yang utamanya Christkindlmarkt atau biasa dikenal juga Weinachtmarkt (pasar natal). Asyik juga sich, jadi setiap malam kita bisa ke pasar malam itu, ada kios2 yang jual makanan, cemilan, souvenir dan segala hal yang berbau2 natal. Meriah, lengkap dengan lampu2 dan pohon natal dimana-mana. Yang khas dari Christkindlmarkt ini adalah Gluhwein (Wine panas). Ini udah pasti ada di setiap Christkindlmarkt. Dan pasar ini diadain hampir di semua kota, besarnya tergantung besarnya kotanya sendiri. Pasar Natal paling top kabarnya di Nuremberg. I once there. :-)

Buat anak2 sendiri, ada yang namanya Adventskalender. Juga dimulai tanggal 25 November. Ini modelnya kalender, yang disetiap tanggalnya bisa dibuka dan bakalan ada surprise. Jadi istilahnya anak-anak menghitung hari menjelang natal itu dengan Adventskalender, setiap hari satu jendela dari kalender itu dibuka, dan selesai pas malam natal. Begitu juga mama-nya. Biasanya sejak tanggal 25 November, mereka siapin 4 lilin, yang dipasang satu-satu selama 4 minggu menjelang natal.

Apalagi ya....
Oh iya...kue natalnya. Khas natalnya orang sini adalah Lebkuchen, which is Gingerbread. Lebkuchen paling top juga dari Nuremberg, namanya Lebkuchen Schmidt. :-). (Kalau jalan2 kesana bisa ikut tour pabriknya juga lho....)
Lebkuchen ini udah bakalan muncul di toko2 sejak tengah oktober- sampai Februari deh kira2. Jangan coba cari Lebkuchen di bulan Juni, gak model. Dan orang2 Jermannya sendiripun gak mau makan kue itu kalau gak dalam suasana natal. Beda ya ama kita, mau lebaran apa nggak, kalau dijual nastar so wieso kita beli juga..hehehe

Terus, ada Nikolaustag. Terus terang gue gak tau, Nikolaus ini sama gak dengan Santa Klaus di Amerika. Soalnya Nikolaustag ini jatuhnya tanggal 6 desember, beda khan sama St. Klaus yang ceritanya datangnya pas malam Natal. Ceritanya sich sama, Nikolaus datang membawa hadiah buat anak-anak yang baik dan pinter selama setahun kemarin ini, gitu. Mirip2 Santa Klaus sich...Tapi still, mereka kenal Santa Klaus juga, yang di sebut Weinachtsmann.

Gitu deh kurang lebih cerita persiapan natal disini. Jaman dulu waktu toko2 kalau Sabtu buka cuma sampai jam 4, ada yang namanya 'Lange Samstag', yang artinya selama Advent itu, toko2 buka sampai jam 8 kalau hari Sabtu, untuk menganisipasi orang2 belanja hadiah natal. Gak tau sekarang..

Ok deh...segitu dulu cerita persiapan natalnya..

Montag, November 21, 2005

winter is coming!

Udah mulai salju di sini. Jum'at kemarin dapat kabar dari Munich bahwa di Munich udah mulai salju dari kamis malam, sehingga pagi-pagi salju sudah tebal. Sementara di tempat gue, pagi itu masih cerah, mataharinya lumayan terik malah, kita udah sempat mau jalan-jalan keluar Ingolstadt kalau saja pas jam 12 itu tidak tau2 hujan es butir2...mirip banget sama slusky, tapi langsung cair begitu nyampai bumi.....:-).
Cantik...!

Sabtu-Minggu salju tipis...gak sampai bikin putih...tapi tadi pagi, pas buka jendela, wah , cakep juga udah pada putih. Langsung siapin winterkleidung buat anak2. Lengkap dengan stocking dll. Sayangnya sepatu winter untuk Dante peninggalan Kevin masih belum ketemu, padahal seharian kemarin nyari2. Kemungkinan udah gue masukin ke gudang bawah kali....Kemarin mau dibeliin, dia nolak-nolak...sekarang dia sibuk minta sepatunya Kevin. :-)

Karena jalanan udah lumayan bersalju, dan mungkin karena laki gue gak PD gue nyupir bersalju (hehehehe...) akhirnya dia memutuskan dia yg anter jemput anak-anak plus bawa mobil. Horee!!! artinya gue bisa di rumah dan gak perlu dingin2 keluar...:-). So, here I am..chatting and ngeblog dulu ahh....

Sambil mandi, mikir2....baru sadar kalau masih ada 2 tanaman gue di luar. Mati deh tuh bunga!!. Buru2 gue selesai-in mandi...dan keluar. Gak sadar kalau gak pakai sendal apalagi sepatu...wadowww!!! asli langung beku kaki begitu nginjek cairan es....:-(
rasanya seperti apa ya....tumpukan es serut yang udah cair, jadi masih ada butiran esnya, tapi banyakan air dinginnya....brrr!!!bener2 deh...Sensasional!! :-)

Gak tau tuh fuchsia survive gak ya...udah keburu ketimbun salju gue masukin dalam rumah. Bakalannya sich tewas...tapi kita liat aja. Gue kelupaan, soalnya dia ada di teras kamar tidur dan gue selalu inget untuk masukkin tapi maunya itu bunga gue beresin dulu, biar masuk rumahnya rapi...eh keburu keduluan salju...Ya...sorry fuchsia....

Rumah gue ini termasuk kategori dingin. Karena letaknya agak dipinggiran kota, dan masih banyak tanah kosong dan pohon2an..So, kalau malam walaupun summer ya gak panas2 amat. Nah winter ini, asli dingin. Lha wong kemarin pas fall aja udah berasa dinginnya...

SO, gitu deh. Gotta back to work now. Had plenty to do.. Ciaoo

Mittwoch, November 02, 2005

Happy Eid Mubarak

Friends, family, netters and bloggers:

Happy Eid Mubarak

May His choices blessing be with you forever

And may you have a wonderful Eid celebrations!